Powered By Blogger

Sabtu, 16 Juli 2011

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN. IPS SMK KELAS XII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


IPS



SEMESTER I


KELAS 12





SMK PENIDA 2

KABUPATEN BANDUNG
2011-2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah : SMK Penida 2 Katapang
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi : Memahami Struktur Sosial serta Berbagai Faktor
Penyebab Konflik dan Mobilitas Sosial
Kode Kompetensi : 5
Kompetensi Dasar : 5.1. Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 x pertemuan)



1. Tujuan Pembelajaran

1. Menjelaskan pengertian struktur sosial
2. Menyebutkan unsur unsur pembentuk struktur sosial
3. Menjelaskan ciri-cirinya struktur sosial
4. Menjelaskan benttuk bentuk struktur sosial
5. Mendeskripsikan struktur sosial menurut fungsi

2. Materi Ajar

1. Pengertian struktur sosial
2. unsur unsur pembentuk struktur social
a. status social adalah posisi atau kedudukan yang disandang seseorang dalam masyarakat.
Jenis jenis status social Dibagi 3 diantanyanya adalah Ascriebed Status, Achieved status dan Assigned Status.
Konplik Satus social diantaranya adalah bersifat individu, antar individu, antar kelompok.
b. Peran social adalah adalah pola sikap dan prilaku yang harus diperbuat seseorang sesuai dengan status social yang disandangnya dalam masyarakat.
3. bentuk bentuk struktur social diabagi menjadi 2 diantanya adalah
a. Strtifikasi Sosial
1. Pengetian Strtifikasi Sosial pelapisan masyarakat berdasarkan tingkatan atau kelas social.
2. Factor pembentuk Strtifikasi Sosial
3. Sifat Strtifikasi Sosial
4. Bentuk bentuk Strtifikasi Sosial
5. Strtifikasi Sosial dalam Masyarakat Indonesi
b. Diferensi Sosial
1. Hakekat diferensi social
2. Bentuk bentuk diferensi social
3. Pengaruh diferensi social
4. Struktur sosial menurut fungsi

2.2 Fungsi dan bentuk struktur sosial

3. Metoda Pembelajaran

1. Ceramah Bervariasi
2. Diskusi Kelas
3. Pemberian Tugas


4. Sumber Belajar

1. Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
2. Koran
3. Majalah
4. Kliping
5. Lingkungan sekitar


5 Kegiatan Pembelajaran

A. Pertemuan 1:
• Kegiatan awal (apersepsi) : 15 menit
- Tanya jawab berbagai hal tentang masyarakat dan struktur sosial
- Menyelesaikan KD tuntunan pembelajaran, penilaian dan kegiatan belajar.
• Kegiatan Inti : 60 menit
- Ditampilkan skema/bagan tentang pengertian struktur sosial
- Menjelaskan struktur sosial
- Tanya Jawab yang berhubungan dengan tema dan skema
- Pembagian kelompok (6-8,7 orang) dan tema diskusi
1. Kel I
Membahas Mengenai pengertian struktur social
2. Kel II
Membahas posisi atau kedudukan yang disandang seseorang dalam masyarakat.
3. Kel III
Mambahas Jenis jenis status social
4. Kel IV :
Membahas Konplik Satus social
5. Kel V
Membahas Peran social

Melaui studi literatur masing masing kelompok mendiskusiakan dan merumuskan berbagai kajian yang dibahas dalam kelompok masing masing dan Persentasi hasil diskusi kelompok oleh perwakilan kelompok
• Kegiatan Akhir ( Penutup ) : 15 menit
- Kesimpulan bersama dari refleksi  membuat pola pikiuran tentang konsep
- Pemberian tugas individu/ kelompok mencari kasus dari media massa (kliping)
- Tentang berbagai kasus kerah disintegrasi bangsa di dalam negeri/luar negeri

B. Pertemuan II:
• Kegiatan awal (apersepsi) : 15 menit
- Tanya jawab berbagai hal tentang masyarakat dan bentuk struktur social
- Menyelesaikan KD tuntunan pembelajaran, penilaian dan kegiatan belajar.
• Kegiatan Inti : 60 menit
- Ditampilkan skema/bagan tentang pengertian struktur sosial
- Menjelaskan struktur sosial
- Tanya Jawab yang berhubungan dengan tema dan skema
- Pembagian kelompok (6-8,7 orang) dan tema diskusi
1. Kel I
Membahas Mengenai ciri ciri Strtifikasi Sosial
2. Kel II
Membahas Pengetian Strtifikasi Sosial pelapisan masyarakat berdasarkan tingkatan atau kelas social.
3. Kel III
Mambahas Factor pembentuk Strtifikasi Sosial dan Sifat Strtifikasi Sosial
4. Kel IV :
Membahas Bentuk bentuk Strtifikasi Sosial
5. Kel V
Membahas Strtifikasi Sosial dalam Masyarakat Indonesia
6. Kel V I
Diferensi Sosial

Melaui studi literatur masing masing kelompok mendiskusiakan dan merumuskan berbagai kajian yang dibahas dalam kelompok masing masing dan Persentasi hasil diskusi kelompok oleh perwakilan kelompok
• Kegiatan Akhir ( Penutup ) : 15 menit
- Kesimpulan bersama dari refleksi  membuat pola pikiuran tentang konsep
- Pemberian tugas individu/ kelompok mencari kasus dari media massa (kliping)
- Tentang berbagai kasus kerah disintegrasi bangsa di dalam negeri/luar negeri






6. Penilaian Hasil Belajar

6.1. Prosedur Penilaian : 1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian hasil belajar

6.2. Jenis dan Bentuk Tes : 1. Tes lisan
2. Tes Tertulis : Pilihan Ganda dan Essay


6.3. Butir-butir Soal :

1. Apa yang di aksud dengan Struktur social
2. Sebutkan dua unsur pembentuk struktur social
3. Sebutkan pengetian diferensiasi social dan stratifikasi social
4. Sebutkan kriteria yang dijadikan dasar difewrensi social
5. Tujukan contoh stratifikasi social dalam mayarakat industry
6. Jelaskan pengaruh diferensi social terhadap interseksi dan konsolidasi social
7. Sebutkan contoh interseksi social antara suku bangsa dengan partai politik
8. Sebutkan pula contoh konsolidasi social antara suku bangsa dengan agama, propesi dan partai politik
9. Jelaskan istilah istilah
a. Struktur social
b. stratifikasi social
c. diferensiasi social
d. interseksi social
e. konsolidasi social
10. jelaskan pengaruh deferensi social terhadap Interseksi dan konsolidasi Sosial di masyarakat




Katapang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK Penida 2 Katapang Guru Mata Pelajaran,





Drs. Agus Rukmantara, M.MPd A. Abud Burhani,S.Pd
Nip. 19650301 200003 1003


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah : SMK Penida 2 Katapang
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi : Memahami Struktur Sosial serta Berbagai Faktor
Penyebab Konflik dan Mobilitas Sosial
Kode Kompetensi : 5
Kompetensi Dasar : 5.2 Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit (4 x pertemuan)


1. Tujuan Pembelajaran

a. Menjelaskan pengertian konplik Sosial
b. Menyebutkan jenis jenis Konplik Sosial di masyarakat
c. Menyebutkan factor factor penyebab Konflik Sosial
d. Menyebutkan bentuk pengendalian Konflik Sosial
e. Menklasifikasikan Dampak Konflik Sosial

2. Materi Ajar

a. Pengertian konflik Sosial adalaah pertentangan yang terjadi dalam masyarakat.
b. Jenis-jenis Konplik Sosial di masyarakat
Diantaranya adalah:
- Konflik antar individu dengan individu
- Kelompok dengan kelompok
- Antar ras
- Antar kelas social
- Antar ellite politik

c. Faktor-factor penyebab Konflik Sosial
- Perbedaan kepentingan dan pandangan hidup
- Perbedaan nilai dan norma social
- Perbedaan nilai nilai kebudayaan
- Perbedaan status dan peran social
- Pengaruh perubahan unsur unsur kebudayaan

d. Bentuk bentuk pengendalian Konflik Sosial
- Pengertian pengendalian social
- Cakupan pengendalian social
- Sifat sifat penegndalian Sosial
- Teknik pengendalian Sosial
- Bentuk bentuk pengendalian Sosial
- Peran lembaga pengendalian social
- Menghindari sikap main hakim sendiri
e. Dampak Konflik Sosial
- Contoh Kasus konflik antar etnis
- Contoh kasus konplik antar entis dan agama
-



3. Metoda Pembelajaran

a. Ceramah Bervariasi
b. Diskusi Kelas
c. Pemberian Tugas


4. Sumber Belajar

a. Buku-buku Sosiologi
b. Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
c. Koran
d. Majalah
e. Kliping
f. Lingkungan sekita


5. Kegiatan Pembelajaran
A. Pertemuan 1:
• Kegiatan awal (apersepsi) : 15 menit
- Tanya jawab berbagai hal tentang masyarakat dan Konflik sosial dimasyarakat
- Menyelesaikan KD tuntunan pembelajaran, penilaian dan kegiatan belajar.
• Kegiatan Inti : 60 menit
- Ditampilkan skema/bagan tentang pengertian Konflik sosial
- Menjelaskan Konflik social yang timbul dimasyarakat
- Tanya Jawab yang berhubungan dengan tema dan skema
- Pembagian kelompok (6-8,7 orang) dan tema diskusi
1. Kel I
Membahas konflik Sosial adalah pertentangan yang terjadi dalam masyarakat.
2. Kel II
Membahas Jenis-jenis Konflik Sosial di masyarakat 1. Konflik antar individu dengan individu 2. Kelompok dengan kelompok

3. Kel III
Mambahas Jenis-jenis Konflik Sosial di masyarakat
- Antar ras
- Antar kelas social
- Antar ellite politik

4. Kel IV :
Membahas Faktor-factor penyebab Konflik Sosial
- Perbedaan kepentingan dan pandangan hidup
- Perbedaan nilai dan norma social
5. Kel V
Membahas Faktor-factor penyebab Konflik Sosial
- Perbedaan nilai nilai kebudayaan
- Perbedaan status dan peran social
- Pengaruh perubahan unsur unsur kebudayaan


Melaui studi literatur masing masing kelompok mendiskusiakan dan merumuskan berbagai kajian yang dibahas dalam kelompok masing masing dan Persentasi hasil diskusi kelompok oleh perwakilan kelompok
• Kegiatan Akhir ( Penutup ) : 15 menit
- Kesimpulan bersama dari refleksi  membuat pola pikiuran tentang konsep
- Pemberian tugas individu/ kelompok mencari kasus dari media massa (kliping)
- Tentang berbagai kasus kerah disintegrasi bangsa di dalam negeri/luar negeri

B. Pertemuan II:
• Kegiatan awal (apersepsi) : 15 menit
- Tanya jawab berbagai hal tentang masyarakat dan bentuk struktur social
- Menyelesaikan KD tuntunan pembelajaran, penilaian dan kegiatan belajar.
• Kegiatan Inti : 60 menit
- Ditampilkan skema/bagan tentang pengertian struktur sosial
- Menjelaskan struktur sosial
- Tanya Jawab yang berhubungan dengan tema dan skema
- Pembagian kelompok (6-8,7 orang) dan tema diskusi
1. Kel I
Membahas bentuk bentuk pengendalian Konflik Sosial
- Pengertian pengendalian social
- Cakupan pengendalian social

2. Kel II
Membahas bentuk bentuk pengendalian Konflik Sosial.
- Sifat sifat penegndalian Sosial
- Teknik pengendalian Sosial

3. Kel III
Mambahas bentuk bentuk pengendalian Konflik Sosial
- Peran lembaga pengendalian social
- Menghindari sikap main hakim sendiri
4. Kel IV :
Dampak Konflik Sosial
- Contoh Kasus konflik antar etnis
- Contoh kasus konplik antar entis dan agama

Melaui studi literatur masing masing kelompok mendiskusiakan dan merumuskan berbagai kajian yang dibahas dalam kelompok masing masing dan Persentasi hasil diskusi kelompok oleh perwakilan kelompok
• Kegiatan Akhir ( Penutup ) : 15 menit
- Kesimpulan bersama dari refleksi  membuat pola pikiuran tentang konsep
- Pemberian tugas individu/ kelompok mencari kasus dari media massa (kliping)
- Tentang berbagai kasus kerah disintegrasi bangsa di dalam negeri/luar negeri
C. Pertemuan III:
• Kegiatan awal (apersepsi) : 15 menit
- Tanya jawab berbagai hal tentang masyarakat dan bentuk struktur social
- Menyelesaikan KD tuntunan pembelajaran, penilaian dan kegiatan belajar.
• Kegiatan Inti : 60 menit
- Ditampilkan skema/bagan tentang pengertian struktur sosial
- Menjelaskan struktur sosial
- Tanya Jawab yang berhubungan dengan tema dan skema
- Pembagian kelompok (6-8,7 orang) dan tema diskusi
1. Kel I
Membahas bentuk bentuk pengendalian Konflik Sosial
- Pengertian pengendalian social
- Cakupan pengendalian social

2. Kel II
Membahas bentuk bentuk pengendalian Konflik Sosial.
- Sifat sifat penegndalian Sosial
- Teknik pengendalian Sosial

3. Kel III
Mambahas bentuk bentuk pengendalian Konflik Sosial
- Peran lembaga pengendalian social
- Menghindari sikap main hakim sendiri
4. Kel IV :
Dampak Konflik Sosial
- Contoh Kasus konflik antar etnis
- Contoh kasus konplik antar entis dan agama

Melaui studi literatur masing masing kelompok mendiskusiakan dan merumuskan berbagai kajian yang dibahas dalam kelompok masing masing dan Persentasi hasil diskusi kelompok oleh perwakilan kelompok
• Kegiatan Akhir ( Penutup ) : 15 menit
- Kesimpulan bersama dari refleksi  membuat pola pikiuran tentang konsep
- Pemberian tugas individu/ kelompok mencari kasus dari media massa (kliping)
- Tentang berbagai kasus kerah disintegrasi bangsa di dalam negeri/luar negeri



6. Penilaian Hasil Belajar

6.4. Prosedur Penilaian : 1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian hasil belajar

6.5. Jenis dan Bentuk Tes : 1. Tes lisan
2. Tes Tertulis : Pilihan Ganda dan Essay


6.6. Butir-butir Soal :
1. Apa hakikat konplik social?
2. Sebutkan macam macam konflik social
3. Sebutkan factor penyebab terjadinya konflik social
4. Tunjukan contoh bahwa perbedaan status social dapat menimbulkan konplik social
5. Sebutkan contoh konflik rasial yang perah terhjadi di Indonesia
6. Sebutkan penegertian pengendalian social
7. Tuliskan bentuk bentuk penegndalian social
8. Sebutkan sifat dan teknik teknik penegndalian social
9. Jelaskan bahwa hukuman merupakan teknik penegndalian social yang paling efektif
10. Tunjukan contohn peran agama dalam penegndalian social
11. Apabila lembaga pengendalian social tidak berperan maka akan terjadi jelaskan dengan pendapatmu!




Katapang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK Penida 2 Katapang Guru Mata Pelajaran,





Drs. Agus Rukmantara, M.MPd A. Abud Burhani,S.Pd
Nip. 19650301 200003 1003


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah : SMK Penida 2 Katapang
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi : Mendeskripsikan Kelompok Sosial dalam Masyarakat
Multikultural
Kode Kompetensi : 6
Kompetensi Dasar : 6.1. Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
Indikator : - Kelompok sosial dijelaskan berdasarkan
Pengertiannya
- Masyarakat multikultural dideskripsikan berdasarkan pengertiannya
- Kelompok sosial dan masyarakat multikultural dideskripsikan menurut hubungan yang ada

Alokasi Waktu : 8 x 45 menit (4 x pertemuan)


1. Tujuan Pembelajaran

a. Menjelaskan kelompok sosial berdasarkan pengertiannya
b. Mendeskripsikan masyarakat multikultural berdasarkan pengertiannya
c. Mendeskripsikan hubungan antara kelompok sosial dan masyarakat multikultural

2. Materi Ajar

a. Pengertian kelompok social
Menurut pendapat para ahli diantaranya adalah Sherif.

b. Pengertian masyarakat multicultural
1. Pengertian Masyarakat, meurut Koentjaraningrat, J.L Gillin, Djojodingoeno.
2. Penegrtian Masyarakat Multikultural
c. Kelompok sosial dan masyarakat multicultural
1. Perkumpulan Sosial
2. Komunitas
3. Golongan social
4. Katagori social
5. Masyarakat pedesaan dan perkotaan
a. Masyarakat pedesaan
Pengertian, menurut para ahli, stratifikasi masyarakat pedesaan
b. Masyarakat Perkotaan Penegertian perkotaan, asfek masyarakat perkotaan
c. Perbedaan masyarakat perkotaan dan pedesaan
- Prilaku
- Teknologi
- Lembaga dan pranata social
6. Masyarakat Tradisional dan Modern
a. Ciri masyarakat tradisional
b. Ciri masyarakat moderrn



3. Metoda Pembelajaran

a. Ceramah Bervariasi
b. Diskusi Kelas
c. Pemberian Tugas

4. Sumber Belajar

a. Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
b. Koran/majalah
c. Kliping
d. Lingkungan sekita



5. Kegiatan Pembelajaran


Langkah-langkah Pembelajaran
A. Pertemuan pertana

a. Pendahuluan
Apersepsi : 15 menit
- Tanya jawab materi sebelumnya yaitu mengenai konflik Sosial
- Menjelaskan KD Tujuan pembinaan dan kegiatan belajar
- Informasi tujuan pembelajaran kepada peserta didik melalui bagan yang telah di persiapkan sebelumnya
b. Kegiatan Inti : 60 menit
- Sekilas tentang masalah kelompok social yang terdapat di masyarakat sekitar siswa dan sekolah serta dapat memberi gambaran pentingnya peranan kelompok sosial dalam kehidupan
- Siswa melakukan studi Literatur tentang materi
- Pembelajaran yang disampaikan
o Siswa diminta berpasangan dengan teman sebangkunya untuk berdiskusi menguatkan pemahaman materi pengertian kelompok social,pengertian masyarakat Multikultural menurut para ahli
o Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok diajak untuk mengemukakan hasil kajiannya.
o Guru memberikan LKS untuk dikerjakan secara kelompok (2 orang) dan hasilnya dilaporkan kepada Guru.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Kesimpulan dan refleksi
- Munculnya pemahaman kesadaran dan tanggung jawab sebagai warga Negara untuk mengenal kelompok social
- Penilaian proses
- Penugasan kelompok/individu untuk materi lanjutan tentang contoh kelompok sosial

B. Pertemuan Ke II

Kegiatan awal (apersepsi) : 15 menit
• Tanya jawab materi sebelumnya dan tindak lanjut mengenai tugas pertemuan sebelumnya
o contoh kelompok sosial
• Informasi KD, tujuan, penilaian dan kegiatan pembelajaran
Kegiatan Inti I (Pertemuan) : 60 menit
• Pembagian kelompok (5-6 orang)/ kelompok
• Setiap kelompok membahas Kelompok sosial dan masyarakat multicultural yang dipilih dan dipersiapkan dalam diskusi mengenai
1. Perkumpulan Sosial
2. Komunitas
3. Golongan social
4. Katagori social

• Guru memberikan petunjuk tugas kelompok kepada masing-masing kelompok
• Setiap kelompok membahas/mendiskusikan dan merumuskan hasil diskusinya dalam lembar kerja untuk dilaporkan kepada Guru
• Guru membimbing siswa melalui kerja kelompoknya untuk menuangkan hasil kerja setiap kelompok kedalam bentuk simulasi yang siap diperagakan di depan kelas
• Guru memberikan LKS yang dikerjakan oleh kelompok
• Guru meberikan evaluasi dan penguatan berupa klarifikasi terhadap laporan dan jawaban siswa.

Kegiatan Akhir ( Penutup ) : 15 menit
• Kesimpulan dan refleksi (mengajukan penilaian,pengalaman dan pembelajaran siswa)
• Penugasan kelompok Mengenai Perbedaan masyarakat Kota dan Desa

C. Pertemuan Ke III

Kegiatan awal (apersepsi) : 15 menit
• Tanya jawab materi sebelumnya dan tindak lanjut mengenai tugas pertemuan sebelumnya
o Perkumpulan Sosial yang dihubungkan dengan Perbedaan masyarakat Kota dan Desa
• Informasi KD, tujuan, penilaian dan kegiatan pembelajaran
Kegiatan Inti I (Pertemuan) : 60 menit
• Pembagian kelompok (5-6 orang)/ kelompok
• Setiap kelompok membahas Kelompok sosial dan masyarakat multicultural yang dipilih dan dipersiapkan dalam diskusi mengenai
Masyarakat pedesaan dan perkotaan
a. Masyarakat pedesaan
b. Pengertian, menurut para ahli, stratifikasi masyarakat pedesaan
c. Masyarakat Perkotaan Penegertian perkotaan, asfek masyarakat perkotaan
d. Perbedaan masyarakat perkotaan dan pedesaan
- Prilaku
- Teknologi
- Lembaga dan pranata social
Masyarakat Tradisional dan Modern
c. Ciri masyarakat tradisional
d. Ciri masyarakat moderrn

• Guru memberikan petunjuk tugas kelompok kepada masing-masing kelompok
• Setiap kelompok membahas/mendiskusikan dan merumuskan hasil diskusinya dalam lembar kerja untuk dilaporkan kepada Guru
• Guru membimbing siswa melalui kerja kelompoknya untuk menuangkan hasil kerja setiap kelompok kedalam bentuk simulasi yang siap diperagakan di depan kelas
• Guru memberikan LKS yang dikerjakan oleh kelompok
• Guru meberikan evaluasi dan penguatan berupa klarifikasi terhadap laporan dan jawaban siswa.

Kegiatan Akhir ( Penutup ) : 15 menit
• Kesimpulan dan refleksi (mengajukan penilaian,pengalaman dan pembelajaran siswa)
• Penugasan kelompok


6. Penilaian Hasil Belajar

6.1. Prosedur Penilaian : 1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian hasil belajar

6.2. Jenis dan Bentuk Tes : 1. Tes lisan
2. Tes Tertulis : Pilihan Ganda dan Essay


6.3. Butir-butir Soal :

1. Jelaskan penertian kelompok social menurut Sherif
2. Apa yang dimaksud dengan Masyarakat
3. Bagaimana pendapat kalian mengapa dimasarakat terjadi perubahan social dalam kehidupan sehari hari
4. Jelaskan perbedaan anatara golongan social dengan katagori social
5. Jelaskan perbedaan antara kelompok dengan perkumpulan
6. Jelaskan perbedaan masyarakat pedesaan dengan perkotaan
7. Jelaskan perbedaan antara masyarakat tradisional dengan masyarakat modern
8. Sebutkan ciri ciri masyarakat perkotaan
9. Sebutkan ciri ciri masyarakat pedesaan
10. Apa yang dimaksud dengan masyarakat multikultular
11. Sebutkan istilah istilah dibawah ini
a. Multicultural
b. Kelompok social
c. Golongan social
d. Katagori social
e. Public
f. Tradisional
g. Sekulerisme
h. Matrialisme
i. Modernism
j. Feodalisme.


Katapang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK Penida 2 Katapang Guru Mata Pelajaran,





Drs. Agus Rukmantara, M.MPd A. Abud Burhani,S.Pd
Nip. 19650301 200003 1003


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah : SMK Penida 2 Katapang
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi : Mendeskripsikan Kelompok Sosial dalam Masyarakat
Multikultural
Kode Kompetensi : 6
Kompetensi Dasar : 6.2. Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial
dalam masyarakat multikultural
Indikator : - Masyarakat multikultural dideskripsikan menurut faktor penyebabnya
- Masyarakat multikultural di Indonesia diidentifikasi berdasarkan karakteristiknya
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 x pertemuan)



1. Tujuan Pembelajaran

a. Menjelaskan proses pembentukan kelompok sosial
b. Menjelaskan syarat syarat pembentukan Kelompok Sosial
c. Mendeskripsikan perkembangan kelompok Sosial
d. Mendeskripsikan dinamika kelompok sosial


2. Materi Ajar

a. Pengertian pembentukan kelompok social dalam masyarakat multicultural
b. Proses pembentukan Kelompok Sosial
c. Syarat syarat pembentukan Kelompok Sosial
d. Perkembangan kelompok Sosial
1. Perubahan kelompok Sosial
2. Ciri ciri kelompok social
- Motif motif yang sama
- Reaksi dan kecakapan berlainan
- Penegasan struktur kelompok

e. Dinamika kelompok social
1. Ekperimen pertama
- Hipotesis ekperimen
- Jalannya ekperimen
- Hasil ekperimen
2. Ekprerimn ke dua tentang penggeseran antar kelompok
- Situasi pertama
- Situasi kedua
- Sitiasi ke tiga
f.

3. Metoda Pembelajaran

a. Ceramah Bervariasi
b. Diskusi Kelas
c. Pemberian Tugas

4. Sumber Belajar

a. Buku-buku Sosiologi
b. Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
c. Koran/majalah
d. Kliping
e. Lingkungan sekitar


5. Kegiatan Pembelajaran
A. Pertemuan I

• Pendahuluan
Apersepsi :
- Bisa meceritakan perbedaan masyarakat kota dengan masyarakat Desa
- Tanya jawab materi sebelumnya
- Menyelesaikan indikator penilaian dan kegiatan belajar
• Kegiatan Inti
- Pembagian kelompok dan tugas untuk masing-masing kelompok
- Kelompok I : membahas pembentukan kelompok social dalam masyarakat multicultural dan Proses pembentukan Kelompok Sosial
- Kelompok II : membahas Syarat syarat pembentukan Kelompok Sosial
- Kelompok III : Perubahan kelompok Sosial
- Kelompok IV : Ciri ciri kelompok social
- Melalui studi literature masing-masing kelompok mendiskusikan tema bahan kajian
- Merumuskan hasil diskusi kelompok dan mengkomunikasikannya sehingga setiap anggota inti dapatkan pemahaman yang sama
- Setiap kelompok mengirimkan 2 orang anggota untuk memasuki masing-masing kelompok sehingga terbentuk kelompok gabungan
- Setiap kelompok (gabungan) merumuskan seluruh bahan kajian I s.d. IV dan siap siap dipresentasikan serta dibuat laporan tertulis.
- Guru secara acak menunjuk siswa di setiap kelompok untuk mempresentasikan bahan kajian diskusi
• Kegiatan Akhir ( Penutup )
- Kesimpulan bersama dan refleksi
- Guru menguatkan kesimpulan melalui skema/bagan
- Pembuatan Program
- Pemberian tugas untuk pertemuan lanjutan
B. Pertemuan II

• Pendahuluan
Apersepsi :
- Bisa meceritakan perbedaan pembentukan kelompok Sosial masyarakat
- Tanya jawab materi sebelumnya
- Menyelesaikan indikator penilaian dan kegiatan belajar
• Kegiatan Inti
- Pembagian kelompok dan tugas untuk masing-masing kelompok
- Kelompok I : membahas Dinamika kelompok social
- Hipotesis ekperimen
- Jalannya ekperimen
- Hasil ekperimen
- Kelompok II: membahas Ekprerimn ke dua tentang penggeseran antar kelompok

- Situasi pertama
- Situasi kedua
- Sitiasi ke tiga

- Melalui studi literature masing-masing kelompok mendiskusikan tema bahan kajian
- Merumuskan hasil diskusi kelompok dan mengkomunikasikannya sehingga setiap anggota inti dapatkan pemahaman yang sama
- Setiap kelompok mengirimkan 2 orang anggota untuk memasuki masing-masing kelompok sehingga terbentuk kelompok gabungan
- Setiap kelompok (gabungan) merumuskan seluruh bahan kajian I s.d. IV dan siap siap dipresentasikan serta dibuat laporan tertulis.
- Guru secara acak menunjuk siswa di setiap kelompok untuk mempresentasikan bahan kajian diskusi
• Kegiatan Akhir ( Penutup )
- Kesimpulan bersama dan refleksi
- Guru menguatkan kesimpulan melalui skema/bagan
- Pembuatan Program
- Pemberian tugas untuk pertemuan lanjutan




6. Penilaian Hasil Belajar

Prosedur Penilaian : 1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian hasil belajar

Jenis dan Bentuk Tes : 1. Tes lisan
2. Tes Tertulis : Pilihan Ganda dan Essay


Butir-butir Soal :

1. Apa yang mendorong manusia hidup berkelompok
2. Apa yang dimaksud dengn manusia sebagai mahluk social
3. Tunjukan contohnya bahwa hidup manusia saling ketergantungan
4. Jelaskan proses terbentuknya kelompok social
5. Tunujukan contoh banhwa kelompok social mengalami perkembangan
6. Berikan contoh kelompok social yang ternbebtuk secara sengaja
7. Apa ciri masyarakat multicultural
8. Sebutkan sebab sebab perkumpulan social
9. Jelaskan istilah istilah dibwaha ini
a. Masyarakat
b. Multicultural
c. Komunitas
d. Katagori social
e. Golongan social



Katapang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK Penida 2 Katapang Guru Mata Pelajaran,





Drs. Agus Rukmantara, M.MPd A. Abud Burhani,S.Pd
Nip. 19650301 200003 1003

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah : SMK Penida 2 Katapang
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi : Mendeskripsikan Kelompok Sosial dalam Masyarakat
Multikultural
Kode Kompetensi : 6
Kompetensi Dasar : 6.3. Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok
sosial dalam masyarakat multikultural
Indikator : - Solidaritas mekanik dan solidaritas organik dijelaskan menurut pendapat Durkheim
- Gemeinschaft dan gesselschaft dijelaskan menurut pendapat F. Tonnies
- Kelompok primer dan kelompok sekunder dijelaskan menurut pendapat C.H. Cooley dan E. FarrisIn-group dan out-group dijelaskan menurut pendapat W.G. Sumner
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 x pertemuan)


1. Tujuan Pembelajaran

a. Menjelaskan solidaritas mekanik dan solidaritas organik menurut Durkheim
b. Menjelaskan kolektif dalam masyarakat oerganik
c. Menjelaskan gemeinschaft dan gesselschaft menurut F. Tonnies
d. Menjelaskan kelompok primer dan kelompok sekunder menurut C.H Cooley dan E. Farris
e. Menjelaskan In-Group dan Out-Group menurut W.G Summer.


2. Materi Ajar

a. Solidaritas mekanik dan solidaritas organic
- Solidaritas Mekanik
- Solidaritas Organik
b. Kesadaran kolektif dalam masyarakat oerganik
c. Gemeinschaft dan gesselschaft menurut F. Tonnies
d. Kelompok primer dan kelompok sekunder menurut C.H Cooley dan E. Farris
e. In-group dan Out-group.


3. Metoda Pembelajaran

a. Ceramah Bervariasi
b. Diskusi Kelas
c. Pemberian Tugas


4. Sumber Belajar

a. Buku-buku Sosiologi
b. Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
c. Koran
d. Majalah
e. Kliping
f. Lingkungan sekita

5. Kegiatan Pembelajaran

Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
a. Pendahuluan
Apersepsi : 15 menit
Tanya jawab materi sebelumnya mengenai masyarakat dan social
Menjelaskan KD Tujuan pembinaan dan kegiatan belajar
b. Kegiatan Inti : 60 menit
- Sekilas tentang keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
- Siswa melakukan studi Literatur tentang materi Pembelajaran yang disampaikan
- Siswa diminta berpasangan dengan teman sebangkunya untuk berdiskusi mengenai Solidaritas mekanik dan solidaritas organic
a. Solidaritas Mekanik
b. Solidaritas Organik
Kesadaran kolektif dalam masyarakat oerganik
- Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok diajak untuk mengemukakan hasil kajiannya.
- Guru memberikan LKS untuk dikerjakan secara kelompok (2 orang) dan hasilnya dilaporkan kepada Guru.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
Kesimpulan dan refleksi
Munculnya pemahaman mengenai solidaritas mekanik dan organic
Penilaian proses
Penugasan kelompok/individu untuk materi lanjutan (mencari alat peraga/lambang pengembangan nasionalisme anatra lain (bendera,teks Sumpah Pemuda Pahlawan Nsional, teks lagu-lagu wajib dan sebagainya.

Pertemuan II

Apersepsi :
1. Tanya Jawab Pengertian solidaritas mekanik dan organik
2. Informasi KD, dan teknik pembelajaran serta penilaian
3. Pembagian kelompok terdiri 8 – 10 orang dengan pembagian kerja sebagai berikut :
a. 1 orang ketua
b. 1 orang sekretaris
c. 2 orang petugas penukar
d. 1 orang juru bicara, yang lain team penyusun
e. 4 orang secara acak dipilih sebagai pengamat/penilai kinerja kelompok.
Kegiatan Inti : (1)
1. Siswa ditugaskan menyusun potongan kertas membentuk ukuran kertas folio.
2. Masing-masing kelompok mendapat bagian potongan kertas yang terlebih dahulu sudah dicampur.
3. Setiap kelompok menyusun dan menukarkan ke kelompok lain sesuai kebutuhan agar bisa membentuk kertas folio
4. Siswa yang boleh berjalan di dalam kelas hanya 2 orang dari masing- masing kelompok yang bertugas menukarkan.
5. Bagi kelompok yang sudah selesai memberi tahu kepada guru tentang kebenaran susunan tugas dan sekretaris menuliskan isi pada setiap potongan dipapan tulis.
6. Juru bicara secara bergiliran (dari setiap kelompok) menerangkan isi potongan kertas dan menentukan topik/tema,konsep dari gabungan potongan kertas.
7. Selama kegiatan berlangsung,dilakukan pengamatan dan penilaian oleh siswa yang diberi tugas,melalui (lembar pengamatan dan penilaian)
8. Guru memberi ulasan penjelasan dan penulisan dari kegiatan pembelajaran tersebut.

Kegiatan Inti (2)
1. Setiap kelompok mendiskusikan topik/tema kelompoknya melalui studi literature
2. Juru bicara /ketua satu memprosentasikan hasil kegiatannya
3. Sebagai bentuk penguatan, guru secara acak menunjuk beberapa siswa dari anggota serta kelompok untuk menjawab pertanyaan sekitar kajian kelompoknya.
4. Guru memberikan penilaian proses pembelajaran
5. Pengamat (siswa) melaporkan hasil penilaiannya kepada Guru.

Kegiatan Akhir
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan akhir
2. Penugasan kepada siswa (individu) menuangkan hasil pembelajaran dalam catatan masing-masing yang dilengkapi dari literature lain ( Internet dsb).
Refleksi = Pertanyaan yang berkaitan dengan pengalaman pembelajaran.


6. Penilaian Hasil Belajar

6.1. Prosedur Penilaian : 1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian hasil belajar

6.2. Jenis dan Bentuk Tes : 1. Tes lisan
2. Tes Tertulis : Pilihan Ganda dan Essay


6.3. Butir-butir Soal :

1. Jelaskan konsep kelompok social menurut Durkheim
2. Sebutkan ciri ciri solidarity mekanik dan organic
3. Sebutkan contoh solidarti mekanik dan organic
4. Tunjukan dengan contoh bahwa solidarity organic lebih menekankan pada hokum yang bersifat restitutif
5. Sebutkan factor terbentuknya gemeinchaft dan gesselchaft
6. Tunjukan dengan contoh bahwa gesselchaft disadari dengan pertimbangan rasional
7. Apakah perbedaan anatara kelompok sekunder dalam kehidupan sehari hari
8. Sebutkan contoh kelompok primer dan sekunder dalam kehiduypan sehari hari
9. Jelaskan perbedaan in-group dengan out-group
10. Jelaskan factor penyebab timbulnya perasaan in-group




Katapang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK Penida 2 Katapang Guru Mata Pelajaran,





Drs. Agus Rukmantara, M.MPd A. Abud Burhani,S.Pd
Nip. 19650301 200003 1003










RENCANA PENGAJARAN
IPS


SEMESTER II

KELAS 12

2011-2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah : SMK Penida 2 Katapang
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi : Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
Kode Kompetensi : 7
Kompetensi Dasar : 7.1. Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh
budaya asing, dan hubungan antarbudaya
Indikator :

- Budaya dan budaya lokal dijelaskan menurut pengertiannya
- Budaya dijelaskan berdasarkan unsur-unsurnya
- Budaya lokal di Indonesia diidentifikasi berdasarkan macam-macamnya
- Masuknya budaya asing diidentifikasi melalui dampak yang ditimbulkan
- Budaya diidentifikasi berdasarkan hubungannya antarbudaya

Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 x pertemuan)

1. Tujuan Pembelajaran
a. Menjelaskan pengertian Budaya
b. Menjelaskan budaya Nasional dan budaya lokal
c. Menjelaskan budaya menurut unsur-unsurnya
d. Mengidentifikasi budaya lokal berdasarkan macam-macamnya.
e. Mengidentifikasi masuknya budaya asing melalui dampak yang ditimbulkannya
f. Mengidentifikasi budaya berdasarkan hubungan antarbudaya

2. Materi Ajar

a. Budaya local dan Nasional
- Pengertian budaya dan budaya local
- Perwujudan budaya Nasional
1. Cara berbahassa
2. Cara berprilaku
3. Cara berpakaian
4. Peralatan hidup

b. Unsur-unsur budaya
- Religi atau Kepercayaan
- Kekerabatan dan organisasi
1. System kekerabatan
2. Organisasi social
- Mata pencaharian
- Peralatan hidup
1. Alat produksi
2. Senjata
3. Wadah
4. Makanan
5. Pakaian
6. Perumahan
7. Alat alat transportasi
- Bahasa
- Kesenian
- pengetahuan
c. Macam-macam budaya lokal di Indonesia
d. Dampak masuknya budaya asing
e. Hubungan antarbudaya

3. Metoda Pembelajaran
a. Ceramah Bervariasi
b. Diskusi Kelas
c. Pemberian Tugas

4. Sumber Belajar
- Buku-buku Sosiologi
- Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
- Koran
- Majalah
- Kliping

5. Kegiatan Pembelajaran

A. Pertemuan I

Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal (Apersepsi) :
- Doa/salam/menyanyikan lagu wajib
- Penjelasan teknik pembelajaran
- Mengajukan materi dari tugas minggu lalu
- Dipastikan setiap siswa mempersiapkan materi dari tugas yang diberikan (salah satu materi)
Kegiatan Inti :
- Membentuk kelompok (kelompok minggu lalu) dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan materi yang ingin dicapai.
- Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya dan menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya.
- Masing-masing siswa diberi satu lembar kerja ( LKS), untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
- Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa lain selama ± 5 menit (untuk siswa pertama guru menunjuk secara acak)
- Setelah siswa dapat 1 bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab cepat dan tepat setiap pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian (untuk 1 pertanyaan diberikan hanya untuk 3 kesempatan menjawab , apabila tak terjawab berarti siswa tidak mendapat poin/nilai
- Selama kegiatan melempar pertanyaan, Guru memberikan penilaian partisipasi (individu_kelompok)
- Setelah dirasa cukup mewakili muatan materi yang ingin dicapai, guru memberi penguatan.
Kegiatan Akhir :
- Bersama siswa membuat kesimpulan dan refleksi (pertanyaan pengalaman bathin kegiatan pembelajaran siswa )
- Pemberian post test
Pemberian tugas lanjutan ( persiapan materi pertemuan berikutnya), mencari berbagai contoh kasus perbuatan yang sesuai dan bertentangan dengan hukum beserta sanksinya.

Pertemuan II

Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal (Apersepsi) :
- Doa/salam/menyanyikan lagu wajib
- Penjelasan teknik pembelajaran
- Mengajukan materi dari tugas minggu lalu
- Dipastikan setiap siswa mempersiapkan materi dari tugas yang diberikan (salah satu materi)
Kegiatan Inti :
- Membentuk kelompok (kelompok minggu lalu) dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan materi yang ingin dicapai.
- Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya dan menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya.
- Masing-masing siswa diberi satu lembar kerja ( LKS), untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
- Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa lain selama ± 5 menit (untuk siswa pertama guru menunjuk secara acak)
- Setelah siswa dapat 1 bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab cepat dan tepat setiap pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian (untuk 1 pertanyaan diberikan hanya untuk 3 kesempatan menjawab , apabila tak terjawab berarti siswa tidak mendapat poin/nilai
- Selama kegiatan melempar pertanyaan, Guru memberikan penilaian partisipasi (individu_kelompok)
- Setelah dirasa cukup mewakili muatan materi yang ingin dicapai, guru memberi penguatan.
Kegiatan Akhir :
- Bersama siswa membuat kesimpulan dan refleksi (pertanyaan pengalaman bathin kegiatan pembelajaran siswa )
- Pemberian post test

6. Penilaian Hasil Belajar

Prosedur Penilaian : 1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian hasil belajar

Jenis dan Bentuk Tes : 1. Tes lisan
2. Tes Tertulis : Pilihan Ganda dan Essay


Butir-butir Soal :
1. Apa yang dimaksud dengan Budaya
2. Jelaskan perbedaan antara budaya local dengan budaya nasional
3. Jelaskan bahwa budaya nasional berbentuk dari berbagai budaya nasional
4. Sebutkan contoh perwujudan budaya nasional Indonesia
5. Sebutkan unsur unsur universal budaya menurut koentjaraningrat
6. Jelaskan system relihgi yang dianut oleh masyarakat Indonesia
7. Jelaskan perbedaan anatara system kekerabatan parental dengan patrinela dan matrineal
8. Sebutkan macam macam budaya local
9. Sebutkan dampak yang ditimbulkan oleh pengaruh budaya asing pada masatyarakat Indonesia
10. Jelaskan proses hubungan antarbudaya yang terjadi dalam masyarakat


Katapang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK Penida 2 Katapang Guru Mata Pelajaran,





Drs. Agus Rukmantara, M.MPd A. Abud Burhani,S.Pd
Nip. 19650301 200003 1003

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah : SMK Penida 2 Katapang
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : XI/2
Standar Kompetensi : Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
Kode Kompetensi : 7
Kompetensi Dasar : 7.2. Mendeskripsikan potensi keberagaman budaya
yang ada dimasyarakat setempat dalam kaitannya
dengan budaya nasional
Indikator :
- Keberagaman budaya diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
- Keberagaman budaya dianalisis berdasarkan manfaatnya
- Contoh-contoh budaya lokal dideskripsikan sesuai kondisi masyarakat setempat
-
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit (4 x pertemuan)


1. Tujuan Pembelajaran

a. Mengidentifikasi keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
b. Menganalisis keberagaman budaya berdasarkan manfaatnya
c. Mendeskripsikan contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakat setempat.

2. Materi Ajar

a. Faktor-faktor penyebab keragaman budaya
1. Keragaman suku bangsa
2. Keragaman bahasa dan dialek
3. Keragaman agama dan kepercayaan
4. Keragaman seni dan budaya
b. Manfaat keberagaman budaya
c. Contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat
1. Suku bangsa batak
2. Minangkabau
3. Sunda
4. Jawa
5. Bali
6. Dayak
7. Bugis makasar
8. Asmat

3. Metoda Pembelajaran

- Ceramah Bervariasi
- Diskusi Kelas
- Pemberian Tugas


4. Sumber Belajar

- Buku-buku Sosiologi
- Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
- Koran
- Kliping
- Lingkungan sekita


5. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I

Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal (Apersepsi) :
- Doa/salam/menyanyikan lagu wajib
- Penjelasan teknik pembelajaran
- Mengajukan materi dari tugas minggu lalu
- Dipastikan setiap siswa mempersiapkan materi dari tugas yang diberikan (salah satu materi)
Kegiatan Inti :
- Membentuk kelompok (kelompok minggu lalu) dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan materi yang ingin dicapai.
- Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya dan menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya.
- Masing-masing siswa diberi satu lembar kerja ( LKS), untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
- Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa lain selama ± 5 menit (untuk siswa pertama guru menunjuk secara acak)
- Setelah siswa dapat 1 bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab cepat dan tepat setiap pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian (untuk 1 pertanyaan diberikan hanya untuk 3 kesempatan menjawab , apabila tak terjawab berarti siswa tidak mendapat poin/nilai
- Selama kegiatan melempar pertanyaan, Guru memberikan penilaian partisipasi (individu_kelompok)
- Setelah dirasa cukup mewakili muatan materi yang ingin dicapai, guru memberi penguatan.
Kegiatan Akhir :
- Bersama siswa membuat kesimpulan dan refleksi (pertanyaan pengalaman bathin kegiatan pembelajaran siswa )
- Pemberian post test
- Pemberian tugas lanjutan ( persiapan materi pertemuan berikutnya), mencari berbagai contoh kasus perbuatan yang sesuai dan bertentangan dengan hukum beserta sanksinya.
A. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal (Apersepsi) :
- Doa/salam/menyanyikan lagu wajib
- Penjelasan teknik pembelajaran
- Mengajukan materi dari tugas minggu lalu
- Dipastikan setiap siswa mempersiapkan materi dari tugas yang diberikan (salah satu materi)
Kegiatan Inti :
- Membentuk kelompok (kelompok minggu lalu) dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan materi yang ingin dicapai.
- Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya dan menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya.
- Masing-masing siswa diberi satu lembar kerja ( LKS), untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
- Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa lain selama ± 5 menit (untuk siswa pertama guru menunjuk secara acak)
- Setelah siswa dapat 1 bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab cepat dan tepat setiap pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian (untuk 1 pertanyaan diberikan hanya untuk 3 kesempatan menjawab , apabila tak terjawab berarti siswa tidak mendapat poin/nilai
- Selama kegiatan melempar pertanyaan, Guru memberikan penilaian partisipasi (individu_kelompok)
- Setelah dirasa cukup mewakili muatan materi yang ingin dicapai, guru memberi penguatan.
Kegiatan Akhir :
- Bersama siswa membuat kesimpulan dan refleksi (pertanyaan pengalaman bathin kegiatan pembelajaran siswa )
- Pemberian post test
- Pemberian tugas lanjutan ( persiapan materi pertemuan berikutnya), mencari berbagai contoh kasus perbuatan yang sesuai dan bertentangan dengan hukum beserta sanksinya.
6. Penilaian Hasil Belajar

Prosedur Penilaian : 1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian hasil belajar

Jenis dan Bentuk Tes : 1. Tes lisan
2. Tes Tertulis : Pilihan Ganda dan Essay


Butir-butir Soal :

1. Sebutkan factor factor yang menyebabkan keberagaman budaya
2. Tunjukan dengan contoh keberagaman suku bangsa sebagai factor penyebab keberagaman budaya Indonesia
3. Sebutkan manfaat keberagaman budaya bagi masyarakat dan bangsa Indonesia
4. Jelaskan pengaruh glabalisasi terhadap keberagaman budaya di Indonesia
5. Jelaskan system kekerabatan suku bangsa di Indonesia
6. Apa yang menyebabkan orang orang minangkabau menyenagi berpetualang didaerah lain
7. Sebutkan perbedaan antara suku sunda dengan suku minangkabau
8. Sebutkan system organisasi masyarakat suku dayak
9. Sebutkan contoh hasil kesenian masyarakat suku bangsa asmat
10. Apakah manfaat mempelajari kebudayaan suku suku bansa di Indonesia

Katapang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK Penida 2 Katapang Guru Mata Pelajaran,





Drs. Agus Rukmantara, M.MPd A. Abud Burhani,S.Pd
Nip. 19650301 200003 1003










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah : SMK Penida 2 Katapang
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : XI/2
Standar Kompetensi : Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
Kode Kompetensi : 7
Kompetensi Dasar : 7.3. Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian
masalah akibat adanya keberagaman budaya
Indikator :
- Keberagaman budaya dijelaskan berdasarkan masalah-masalah yang muncul
- Integrasi nasional dideskripsikan berdasarkan kepentingan dalam NKRI
- Menjaga keselarasan antarbudaya diidentifikasi berdasarkan peran pemerintah dan masyarakat
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit (4 x pertemuan)


1. Tujuan Pembelajaran

- Menjelaskan keberagaman budaya berdasarkan masalah-masalah yang muncul.
- Mendeskripsikan integrasi nasional berdasarkan kepentingan dalam NKRI.
- Mengidentifikasi upaya menjaga keselarasan antarbudaya berdasarkan peran pemerintah dan masyarakat

2. Materi Ajar

a. Masalah-nasalah yang muncul akibat keberagaman budaya
b. Pentingnya integrasi nasional
c. Peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya
d. Peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antarbudaya


3. Metoda Pembelajaran

- Ceramah Bervariasi
- Diskusi Kelas
- Pemberian Tugas


4. Sumber Belajar

- Buku-buku Sosiologi
- Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
- Koran
- Majalah
- Kliping
- Lingkungan sekita




5. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I

Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal (Apersepsi) :
- Doa/salam/menyanyikan lagu wajib
- Penjelasan teknik pembelajaran
- Mengajukan materi dari tugas minggu lalu
- Dipastikan setiap siswa mempersiapkan materi dari tugas yang diberikan (salah satu materi)
Kegiatan Inti :
- Membentuk kelompok (kelompok minggu lalu) dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan materi yang ingin dicapai.
- Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya dan menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya.
- Masing-masing siswa diberi satu lembar kerja ( LKS), untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
- Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa lain selama ± 5 menit (untuk siswa pertama guru menunjuk secara acak)
- Setelah siswa dapat 1 bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab cepat dan tepat setiap pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian (untuk 1 pertanyaan diberikan hanya untuk 3 kesempatan menjawab , apabila tak terjawab berarti siswa tidak mendapat poin/nilai
- Selama kegiatan melempar pertanyaan, Guru memberikan penilaian partisipasi (individu_kelompok)
- Setelah dirasa cukup mewakili muatan materi yang ingin dicapai, guru memberi penguatan.
Kegiatan Akhir :
- Bersama siswa membuat kesimpulan dan refleksi (pertanyaan pengalaman bathin kegiatan pembelajaran siswa )
- Pemberian post test
- Pemberian tugas lanjutan ( persiapan materi pertemuan berikutnya), mencari berbagai contoh kasus perbuatan yang sesuai dan bertentangan dengan hukum beserta sanksinya.
B. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal (Apersepsi) :
- Doa/salam/menyanyikan lagu wajib
- Penjelasan teknik pembelajaran
- Mengajukan materi dari tugas minggu lalu
- Dipastikan setiap siswa mempersiapkan materi dari tugas yang diberikan (salah satu materi)
Kegiatan Inti :
- Membentuk kelompok (kelompok minggu lalu) dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan materi yang ingin dicapai.
- Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya dan menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya.
- Masing-masing siswa diberi satu lembar kerja ( LKS), untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
- Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa lain selama ± 5 menit (untuk siswa pertama guru menunjuk secara acak)
- Setelah siswa dapat 1 bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab cepat dan tepat setiap pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian (untuk 1 pertanyaan diberikan hanya untuk 3 kesempatan menjawab , apabila tak terjawab berarti siswa tidak mendapat poin/nilai
- Selama kegiatan melempar pertanyaan, Guru memberikan penilaian partisipasi (individu_kelompok)
- Setelah dirasa cukup mewakili muatan materi yang ingin dicapai, guru memberi penguatan.
Kegiatan Akhir :
- Bersama siswa membuat kesimpulan dan refleksi (pertanyaan pengalaman bathin kegiatan pembelajaran siswa )
- Pemberian post test
- Pemberian tugas lanjutan ( persiapan materi pertemuan berikutnya), mencari berbagai contoh kasus perbuatan yang sesuai dan bertentangan dengan hukum beserta sanksinya.



6. Penilaian Hasil Belajar

Prosedur Penilaian : 1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian hasil belajar

Jenis dan Bentuk Tes : 1. Tes lisan
2. Tes Tertulis : Pilihan Ganda dan Essay






6. Penilaian Hasil Belajar

Prosedur Penilaian : 1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian hasil belajar

Jenis dan Bentuk Tes : 1. Tes lisan
2. Tes Tertulis : Pilihan Ganda dan Essay


Butir-butir Soal :
1. Sebutkan contoh masalah masalah yang muncul akibat keragaman budaya
2. Sebutkan jenis jenis metode pemecahan masalah yang terdapat digunakan untuk menyelesaikan amsalah
3. Sebutkan perbedaan metode prevebtatif dengan metode refresip
4. Menurut anda bagaimana cara mengantisifasi agar maslah social tidak meluas
5. Pada era feformasi sekarang ini, kehidupan masyarakat kita diwarnai oleh konplik antar budaya berikan contohnya
6. Jelaskan dampak konplik antar budaya yang pernah terjadi di Indonesia
7. Jelaskan secara rinci dan ringkas cara mengatasi masalah tawuran pelajar
8. Buatlah contoh tahapan proses integrasi social
9. Sebutkan factor factor pendorong integrasi social
10. Sebutkan peran mayarakat dan pemerintah dalam menjaga keselarasan antar budaya




Katapang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK Penida 2 Katapang Guru Mata Pelajaran,





Drs. Agus Rukmantara, M.MPd A. Abud Burhani,S.Pd
Nip. 19650301 200003 1003







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah : SMK Penida 2 Katapang
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : XI/2
Standar Kompetensi : Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
Kode Kompetensi : 7
Kompetensi Dasar : 7.4. Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial
terhadap keberagaman budaya
Indikator :
- Menghargai budaya orang lain ditunjukkan dalam sikap sehari-hari
- Menjaga dan melestarikan budaya lokal ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 x pertemuan)


6. Tujuan Pembelajaran
1.1. Menunjukkan cara menghargai budaya orang lain dalam sikap hidup sehari-hari.
1.2. Menunjukkan cara menjaga dan melestarikan budaya lokal dalam kehidupan sehari-hari.


2. Materi Ajar

a. Menghargai budaya orang lain
b. Menjaga dan melestarikan budaya lokal


3. Metoda Pembelajaran

a. Ceramah Bervariasi
b. Diskusi Kelas
c. Pemberian Tugas


4. Sumber Belajar

a. Buku-buku Sosiologi
b. Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
c. Koran
d. Majalah
e. Lingkungan sekita


5, Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I

Langkah-langkah Pembelajaran :

Apersepsi : - Tanya jawab materi sebelumnya
- Mengajukan tugas minggu lalu (kasus/kliping)
- Informasi tujuan, teknik pembelajaran dan penilaian
Kegiatan Inti :
- Membentuk kelompok yang beranggotakan 4-5 orang
- Guru menunjukan kliping/kasus (dari tugas minggu lalu) yang sesuai dengan tema/materi pembelajaran
- Setiap kelompok menentukan masing-masing kasus yang sesuai dan ( ) yang dibahas dalam kelompoknya.
- Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok/tanggapan terhadap kasus yang dibahas dan dituliskan pada lembar kertas
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil kegiatannya
- Kelompok lain diberi kesempatan untuk bertanya jawab mengenai kasus yang dibahas
- Guru memberi penguatan dari setiap kasus yang dibahas
Kegiatan Akhir :
- Guru membimbing siswa membuat kesimpulan dalam buku catatan
- Refleksi (pertanyaan,pengalaman bathin,siswa dalam menganalisa kasus-kasus yang dibahas)
- Penugasan (mencari berbagai kasus korupsi )

Pertemuan II

Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal (Apersepsi) :
- Doa/salam/menyanyikan lagu wajib
- Penjelasan teknik pembelajaran
- Mengajukan materi dari tugas minggu lalu
- Dipastikan setiap siswa mempersiapkan materi dari tugas yang diberikan (salah satu materi)
Kegiatan Inti :
- Membentuk kelompok (kelompok minggu lalu) dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan materi yang ingin dicapai.
- Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya dan menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya.
- Masing-masing siswa diberi satu lembar kerja ( LKS), untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
- Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa lain selama ± 5 menit (untuk siswa pertama guru menunjuk secara acak)
- Setelah siswa dapat 1 bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab cepat dan tepat setiap pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian (untuk 1 pertanyaan diberikan hanya untuk 3 kesempatan menjawab , apabila tak terjawab berarti siswa tidak mendapat poin/nilai
- Selama kegiatan melempar pertanyaan, Guru memberikan penilaian partisipasi (individu_kelompok)
- Setelah dirasa cukup mewakili muatan materi yang ingin dicapai, guru memberi penguatan.
Kegiatan Akhir :
- Bersama siswa membuat kesimpulan dan refleksi (pertanyaan pengalaman bathin kegiatan pembelajaran siswa )
- Pemberian post test
Pemberian tugas lanjutan ( persiapan materi pertemuan berikutnya), mencari berbagai contoh kasus perbuatan yang sesuai dan bertentangan dengan hukum beserta sanksinya


6. Penilaian Hasil Belajar

Prosedur Penilaian : 1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian hasil belajar

Jenis dan Bentuk Tes : 1. Tes lisan
2. Tes Tertulis : Pilihan Ganda dan Essay


Butir-butir Soal :
1. Tunjukan dengan contoh sikap teloransi masyarakat terhadap keberagaman budaya
2. Tunjukan dengan contoh sikap empati pemerintah terhadap keragaman budaya
3. Apakah yang dimaksud dengan sikap kritis dalam menghadapi keragaman budaya
4. Mengapa kita harus bersikap kritis terhadap keragaman budaya
5. Apa manfaat sikap kritis terhadap kergaman budaya
6. Tunjukan dengan contoh sikap fositip terhadap keragaman budaya
7. Jelaskan cara menjaga dan memelihara budaya local
8. Elaskan manfaat pembinaan budaya local
9. Tunjukan dengan contoh sikap peran masyarakat dalam menjaga dan melestarikan budaya local
10. Tunjukan dengan contoh sikap pemerintah dalam membiina dan memelihara budaya lokal




Katapang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK Penida 2 Katapang Guru Mata Pelajaran,





Drs. Agus Rukmantara, M.MPd A. Abud Burhani,S.Pd
Nip. 19650301 200003 1003

2 komentar:

  1. terimakasih banyak buat bapak. bapak sangat mmbantu saya dalam melakukan tugas saya. God Bless Us

    BalasHapus
  2. semester dua ada gk bapak/ibu...bisa mintak.....

    BalasHapus